belajar MS WORD 2007
Modul panduan belajar ms. word 2007 — Document Transcript
- 1. Table of
figureGambar 1..............................................................................................................................14Gambar 2..............................................................................................................................16Gambar 3..............................................................................................................................17
1
- 2.
Belajar Microsoft WordOleh: Cecep ArifuddinI. Mengenal Microsoft
Word Apa sih Microsoft Word? Microsoft Word adalah software
pengolah kata, tujuannya untuk membuat laporan, membuat surat,
membuat label surat, membuat tabel pada dokumen dan masih banyak lagi
kegunaan lainnya.II. Cara menjalankan Microsoft WordA. Membuka
Microsoft Word Bagaimana kah cara membuka Microsoft Word?, ada
beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain: 1. Pada jendela
Microsoft Windows 2. Klik Tombol Start Pilih All Programs 3.
Kemudian pilih dan klik Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program
Microsoft Word ditampilkan. Cara lain yang bisa dipakai:
- Double Klik icon Microsoft Word pada desktop (jika short cut ke
microsoft word sudah dibuat)
2
- 3.
Sebelum membuat dokumen dengan Microsoft Word, ada baiknya kita kenal
dulu beberapaistilah yang sering dipakai. Diantaranya yaitu Screen
Layout (tampilan layar), Menu, danToolbar.Screen LayoutScreen Layout
atau tampilan layar, yaitu tampilan yang ditunjukkan komputer
saatmenjalankan program. Untuk tampilan dalam Microsoft Word,
tampilannya seperti gambardi atas.Lihat bagian Baris Judul, terdapat
nama file yang sedang kita buka, jika kita belummenyimpan dan memberi
nama pada file yang kita buka, Microsoft Word akan menampilkanfile kita
dengan nama Document1, 2, 3 dan seterusnya.MenuKata Menu yang digunakan
dalam Microsoft Word artinya hampir sama dengan pengertianmenu dalam
kehidupan sehari-hari, contohnya daftar menu di restoran. Di dalam menu
iniada beberapa perintah yang dapat dipilih, cara memilihnya adalah
dengan menggeser mousepada daftar menu, untuk menjalankan perintah pada
menu tertentu cukup dengan mengklikperintah pada menu tersebut.
3
- 4. Toolbar Toolbar itu apa sih? Toolbar itu adalah
adalah beberapa gambar kecil (icon) yang dipakai untuk menjalankan
sebuah perintah yang ada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan
meng-lik gambar kecil pada baris toolbar tersebut.
Toolbar Standar
Toolbar FormatB. Membuat Dokumen baru. Jika kita baru memulai
menjalankan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen
kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara
otomatis menyediakan dokumen kosong, ada beberapa cara untuk membuat
dokumen baru : 1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File New,
klik 2. Pada tampilan baru di sebelah kanan klik Blank Document untuk
membuat dokumen baru. 3. Jendela dokumen kosong siap digunakan
untuk pengetikan. Cara lain yang bisa digunakan, yaitu : Klik icon
New Document yang ada pada baris toolbar.C. Menyimpan Dokumen Kalau
bisa setelah kita memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan
penyimpanan, Tujuannya untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen
karena komputer padam, mati lampu, komputer hang, dll. Caranya :
4
- 5. 1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File
Save, Klik 2. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save, pilih
folder tempat menyimpan file selanjutnya tulis nama file dokumen
dan klik Save. 3. Diusahakan agar melakukan penyimpanan file sesering
mungkin. Cara lain menyimpan file : Klik icon Save pada baris
Toolbar. Maka muncul jendela Save As. Ketik nama file
dokumen, dan klik Save.D. Membuka File yang sudah tesimpan 1. Pilih
menu File Open, klik. Maka akan tampil jendela Open. 2. Pilih lokasi
dan nama file pada komputer yang akan dibuka 3. Klik tombol Open,
maka file yang tadi dibuka akan tampil pada jendela Microsoft Word.
Cara lain : Klik icon Open File pada baris toolbar. Dari kedua
cara di atas, akan tampil jendela Open File, pilih file yang ingin
dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Klik tombol
Open, maka file yang dipilih akan tampil pada jendela Microsoft Word.
5
- 6. Kotak Dialog “Open”E. Menutup file
Dokumen Kalau kita sudah selesai mengetik atau mau beristirahat,
simpan dahulu file dokumen yang sedang kita ketik, lalu kita tutup
file. Caranya adalah : 1. pada jendela Microsoft Word, pilih menu
File, Close, klik 2. Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen
yang barusan kita ketik. Cara lain : Klik icon close pada baris
toolbar.F. Menutup Jendela Microsoft Word Sebelum menutup dokumen,
pastikan bahwa dokumen yang telah diketik sudah tersimpan dengan
benar. Cara menutup (close) document : 1. Pada jendela Microsoft Word,
pilih menu File Exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat
dilakukan dengan mengklik tombol yang ada di pojok kanan
atas dari jendela Microsoft Word.III. Mengetik Dokumen Pada
saat membuka program Microsoft Word, secara otomatis dokumen baru yang
masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap
digunakan. Setiap mengetikkan teks, teks yang diketik akan muncul di
posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Kita bisa
memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Menggerakan kursor
dengan keyboard Menggeser ke kiri
Menggeser ke atas Menggeser ke kanan
Menggeser ke bawah
6
- 7. Jika teks
yang yang sedang diketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut
secara otomatis akan turun ke bagian bawah baris pegetikan dan
kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu
tekan tombol Enter untuk memindahkan kursor ke baris berikutnya.
Tapi Enter diperlukan jika kita mau mengetik di baris baru sebelum
sampai ke batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Arti paragraf dalam Microsoft adalah sejumlah karakter, kata, atau
kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan
disisipkan pada waktu kita menekan tombol Enter. Tanda paragraf ini
penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan
berakhir pada dokumen kita. Dalam keadaan aslinya, tanda paragraf ini
tidak ditampilkan. Sebagai contoh, tampilan halaman pengetikan di
bawah ini:IV. Mengedit Teks/membetulkan teks Jika salah
mengetik teks, kita bisa membetulkannyanya dengan berbagai cara berikut :
1. Tekan tombol BacksSpace pada keyboard untuk menghapus karakter
di kiri kursor. 2. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk
menghapus karakter di kanan kursor. 3. Untuk menghapus teks yang
baru saja Kita ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing
atau klik tombol Undo pada toolbar 4. Untuk melakukan pengulangan
dari teks yang baru kita ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing
atau klik tombol Redo pada icon.A. Meng-Copy/Menyalin Teks Perintah
copy dapat digunakan untuk menyalin teks, gambar, Paragraf, dll. Untuk
menyalin teks yang akan kita pilih ke lokasi lain, ikuti langkah ini :
1. Sorot teks yang akan di salin.
7
- 8.
2. Kemudian pilih menu Edit Copy, klik 3. Tempatkan kursor di
lokasi baru. 4. Kemudian pilih menu Edit Paste, klik Cara lain:
Selain cara tersebut di atas, kita bisa juga menyalin degan menggunakan
icon Copy PasteB. Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah kita pilih, ikuti langkah ini : 1.
Sorot teks yang akan dihapus. 2. Terus pilih menu Edit Clear
Contents, Klik atau tekan tombol Delete pada keyboardC.
Meng-Cut/Memindahkan Teks. Untuk memindahkan teks yang kita pilih ke
lokasi yang baru, ikuti langkah ini: 1. Sorot teks yang akan
dipindahkan 2. Terus pilih menu Edit Cut, klik 3. Tempatkan kursor
pada lokasi baru. 4. Lalu pilih dan klik menu Edit Paste, klik.
Kita bisa juga meng-cut teks/gambar dengan memakai icon ini :
Cut PasteD. Format teks Kita bisa mengatur format
teks dengan menggunakan salah satu cara ini : Pilih atau sorot teks
yang akan diformat, lalu atur formatnya sesuai yang kita ingini.
Tempatkan kursor pada posisi awal pengetikan teks, atur formatnya,
kemudian ketik teks yang kita inginkan. Dengan cara ini, semua
teks yang kita ketik mulai dari posisi kursor akan mengikuti
format yang kita pilih sampai kita melakukan perubahan kembali
atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain pada dokumen. 1.
Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font) Setiap jenis dan bentuk
huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Verdana, Comic Sans
MS, Courier dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya
telah kita ketik, ikuti langkah ini : a. Sorot teks yang akan
kita ubah fontnya. b. Terus pilih menu Format Font, klik, maka
akan tampil jendela di bawah ini : Jenis
Font Ukuran Font
8
- 9. Style Font
Tampilan Font c. Pada jendela dialog, tentukan
parameternya, setelah selesai klik OK. Cara lain : Kita bisa juga
memilih jenis font pada tombol daftar pilihan font yangterdapat pada
baris toolbar.2. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size) Semua teks yang
kita ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank
Document akan memakai pilihan asli font Times New Roman dengan ukuran
huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang
sebelumnya diketik, ikuti caranya : 1. Pilih atau sorot teks yang
mau diubah ukurannya. 2. Pilih dan klik ukuran yang diinginkan pada
tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar
formatting.3. Memilih Gaya Tampilan Huruf (Font Style) Untuk mengubah
gaya tampilan huruf (font style) dari teks yang sebelumnya sudah kita
ketik, ikuti caranya : 1. Sorot teks yang akan diubah gaya
tampilannya.
9
- 10. 2. Untuk membuat “huruf
tebal”, klik tombol icon Bold yang terdapat pada baris toolbar
Formatting. 3. Untuk membuat “huruf miring”, pilih dan klik icon
Italic yang terdapat pada baris toolbar Formatting. 4.
Untuk membuat “garis bawah teks”, pilih dan klik icon Underline yang
terdapat pada baris toolbar Formatting. 4. Menentukan Warna
Huruf (Font Color) Bila ingin huruf yang telah kita ketik dapat
ditampilkan dengan warna tertentu sehingga tampilan huruf tersebut
terlihat lebih menarik. Untuk mengubah warna huruf (font color)
dari teks yang sebelumnya telah kita ketik, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih atau sorot teks yang akan diubah warnanya. 2. Pilih
dan klik warna yang kita inginkan pada icon Font Color yang terdapat
pada baris toolbar Formatting.V. Mengatur Format Paragraph
Paragraf itu apa sih? Di Microsoft Word, paragraf adalah segala
sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombol Enter. Paragraf bisa
berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua
paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran.
Kita bisa mengatur format paragraf dengan menggunakan salah satu cara
berikut ini : • Pilih paragraf yang akan kita format, lalu atur
formatnya sesuai dengan keinginan kita. • Tempatkan kursor pada
posisi awal pengetikan paragraf atau formatnya, kemudian ketik
paragraf yang kita inginkan. Dengan cara ini, semua paragraf yang kita
ketik mulai dari posisi kursor akan mengikuti format yang kita
pilih sampai kita melakukan perubahan kembali atau memindahkan
posisi kursor ke bagian lain pada dokumen.A. Mengatur Perataan teks
dalam Paragraf Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan
posisi rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align),
ditengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify). Untuk
mengatur perataan teks dari paragraf, ikuti langkah ini : 1. Pilih dan
tempatkan kursor pada paragraf yang akan kita format. 2. Pilih dan
klik menu Format Paragraph. Kotak dialog paragraph akan ditampilkan.
3. Pada kotak dialog Paragraph tab Indent and Spacing lihat bagian
General, lalu pilih daftar pilihan Alignment, pilih perataan teks
yang kita inginkan. • Left untuk perataan kiri •
Centered untuk penempatan di tengah • Right untuk perataan
kanan. • Justified untuk perataan penuh di kiri dan kanan.
10
- 11. 4. Contoh format paragraf yang kita pilih,
dapat dilihat pada kotak Preview. 5. Klik OK. Selain itu, perataan
teks dari paragraf bisa dilakukan dengan menekan salah satu dari icon
ini :B. Mengatur Indentasi Kita dapat mengatur indentasi paragraf
terhadap margin kiri, margin kanan atau keduanya. kita juga dapat
membuat indentasi hanya pada baris pertama dari paragraf atau membuat
indentasi gantung. Untuk mengatur indentasi paragraf, ikuti langkah
berikut ini : 1. Pilih dan tempatkan kursor pada paragraf yang akan
kita format. 2. Pilih dan klik menu Format Paragraph. Kotak dialog
Paragraph akan ditampilkan. 3. Pada kotak dialog tab Indents and
Spacing, pilih bagian Indentation, lalu atur indentasi yang kita
inginkan. • Left, untuk menentukan jarak indentasi dari margin
kiri. • Right, untuk menentukan jarak indentasi dari margin
kanan. • Special, untuk menentukan indentasi khusus dengan jarak
sesuai dengan yang Kita isi pada kotak By. Terdapat beberapa
pilihan, antara lain: • (none), jika tidak ada indentasi
khusus. • First line, jika indentasi kiri hanya untuk baris
pertama saja. • Hanging, jika ingin membuat indentasi gantung,
yang diindentasi adalah baris lain selain baris pertama.
4. Contoh format paragraf yang kita pilih, dapat kita lihat pada bagian
kotak Preview. 5. Klik OK untuk melanjutkan.C. Mengatur Jarak Spasi
Baris Apabila diperlukan, Kita dapat mengatur jarak spasi dari baris
agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan
kebutuhan. Untuk mengatur jarak spasi baris, ikuti langkah ini :
11
- 12. 1. Pilih atau tempatkan kursor pada
paragraf yang akan Kita format. 2. Pilih dan klik menu Format
Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan. 3. Pada kotak tab
Indents and Spacing, tentukan jarak spasi baris ada bagian Spacing.
• Before, jarak spasi sebelum paragraph • After, jarak spasi
sesudah paragraph. 4. Kotak daftar pilihan Line Spacing, diisi dengan
jarak spasi baris yang diinginkan. • Single untuk jarak spasi satu.
• 1.5 lines, untuk jarak spasi satu setengah. • Double, untuk
jarak spasi dua. • At least, untuk menentukan jarak spasi minimal.
• Exactly, untuk menentukan jarak spasi yang pasti. •
Multiple, untuk menggandakan jarak spasi Single menjadi Dua, 1.5 lines
menjadi Tiga dan Double menjadi Empat. 5. Contoh format
paragraf yang kita pilih dapat dilihat pada kotak Preview. 6. Klik OK
untuk melanjutkan.VI. Mengatur Format HalamanYang dimaksud dengan
mengatur format halaman di sini adalah mengubah ukuran kertas,mengatur
margin, memasang nomor halaman, dan lain-lain.A. Mengubah ukuran kertas
Untuk mengubah ukuran kertas dan orientasi pencetakan, ikuti langkah
berikut ini : 1. Pilih menu File Page Setup, klik. Kotak dialog Page
Setup akan ditampilkan. 2. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab
Paper. 3. Pada tombol daftar pilihan Paper Size, pilih ukuran kertas
yang akan Kita gunakan. Atau gunakan kotak Width untuk menentukan
lebar kertas, dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertas
sesuai dengan keinginan Kita.
12
- 13. 4. Pada
tombol daftar pilihan Apply To, pilih dan klik bagian dokumen yang akan
memakai ukuran kertas dan orientasi yang baru. a) Whole
Document, pengaturan akan berlaku untuk seluruh halaman. b) This
Point Forward, Microsoft Word akan menyisipkan tanda pemisah Continuous
pada kursor dan pengaturan baru akan dimulai pada bagian yang
baru. 5. Lihat hasilnya pada kotak Preview dan klik OK untuk menutup
kotak dialog page setup.B. Mengatur margin dan orientasi pencetakan
Apa sih margin itu? Margin adalah jarak antara tepi daerah pengetikan
teks dengan tepi halaman kertas. Pengaturan margin akan berlaku untuk
seluruh dokumen, kecuali jika kita telah memilih teks tertentu atau
membagi dokumen ke dalam beberapa bagian. Untuk mengatur margin
dokumen, ikuti langkah berikut : 1. Pilih menu File Page Setup,
klik. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan. 2. Pada kotak dialog
Page Setup, klik tab Margins. 3. Pada tab margins, tentukan jarak dari
batas margin yang kita inginkan. • Top, untuk menentukan batas
margin atas. • Bottom, untuk menentukan batas margin bawah. •
Left, untuk menentukan batas margin kiri pengetikan. • Right, untuk
menentukan batas margin kanan pengetikan. • Gutter, untuk
menambahkan spasi lebih pada margin • Gutter Position, posisi
gutter terdapat dua pilihan yaitu left (bagian kiri halaman)
dan top (bagian atas halaman) 4. Pada bagian pilihan orientation,
pilih orientasi image : • Potrait, untuk posisi teks dokumen tegak
• Lanscape, untuk posisi teks dokumen tertidur 5. Pada kotak
pilihan Apply To, pilih dan klik bagian mana dari dokumen yang akan
memakai margin baru.
13
- 14. 6. Lihat hasilnya
pada kotak Preview, dan klik OK untuk menutup kotak dialog.C. Memberi
Nomor Halaman Ada banyak pilihan di Microsoft Word dalam menempatkan
dan menampilkan nomor halaman. Nomor halaman yang Kita tempatkan juga
merupakan bagian dari Header atau Footer. Untuk memasang nomor halaman
pada dokumen kita, ikuti langkah berikut : 1. Pilih dan klik menu
Insert Page Numbers. Kotak dialog Page Numbers akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihan Position, pilih dan klik posisi nomor
halaman yang Kita inginkan. • Top of Page(Header), untuk
menempatkan nomor halaman di atas. • Bottom of Page(Footer),
untuk menempatkan nomor halaman di bawah. 3. Pada tombol daftar
pilihan Alignment, pilih dan klik perataan nomor halaman yang Kita
inginkan. • Left, untuk penempatan nomor di sisi kiri. •
Center, untuk penempatan nomor di tengah. • Right, untuk
penempatan nomor di sisi kanan. • Inside, untuk penempatan nomor
di bagian dalam halaman dengan dua muka. • Outside, untuk
penempatan nomor di bagian luar halaman dengan dua muka. 4. Nomor
halaman akan muncul di seluruh halaman yang ada dalam dokumen mulai dari
halaman pertama. Jika halaman pertama tidak ingin di beri nomor
halaman, hilangkan tanda pemilihan pada kotak cek Show number on
first page.Gambar 1 5. Klik tombol perintah Format, untuk memilih
format nomor yang akan dipakai. 6. Klik OK.VII. Memasukkan clip art,
word art dan file gambar ke dalam dokumen
14
- 15.
Jika diperlukan kita bisa mempercantik dokumen kita dengan memasukkan
gambar-gambarkartun koleksi microsoft office, memasukkan teks word art
atau bisa juga memasukkangambar koleksi sendiri ke dalam dokumen kita.A.
Memasukkan Clipart Untuk dapat memasukkan gambar kartun (clip art)
koleksi mocrosft word, langkah yang perlu dilakukan adalah : 1.
Pilih menu Insert Picture Clip art, Klik 2. Muncul tampilan insert
clip art baru (task pane) di sebelah kanan, lalu pada bagian
bawah task pane klik Clip Organizer 3. Setelah meng-klik clip
organizer muncul jendela clip art, seperti gambar di bawah : 4. Pada
jendela clip organizer pilih tanda plus (+) pada office collections
untuk menampilkan kategori clipart, lalu pilih kategori tersebut
5. Untuk memasukkan clip art ke dalam dokumen pilih (klik) salah satu
gambar clip art, lalu pada menu edit pilih Edit Copy, Klik 6.
Lalu kembali ke jendela microsoft word, caranya adalah dengan meng-klik
aplikasi microsoft word pada task bar 7. Pada microsoft word,
klik Edit Paste, maka muncul gambar clip art yang kita pilih
tersebut.B. Memasukkan Word art 1. Pilih menu Insert Picture Word
art, Klik 2. Maka muncul jendela word art gallery, pilih salah satu
gaya word art, lalu klik OK, 3. Selanjutnya muncul jendela edit word
art text, tulis teks yang akan dimunculkan pada dokumen pada
jendela ini :
15
- 16. • Pilih Font untuk
menentukan jenis tampilan huruf • Pilih Size untuk menentukan
besar tampilan huruf 4. Setelah selesai Klik OK, maka word art akan
muncul pada dokumen kitaC. Memasukkan file Gambar 1. Pilih menu Insert
Picture From file, Klik 2. Maka muncul jendela browse file gambar
pada my Pictures, seperti pada gambar di bawah :Gambar 2 3.
Pilih gambar dengan cara meng-klik nama file atau tampilan gambar, lalu
klik tombol insert 4. Maka gambar muncul pada dokumen kitaVIII.
Mencetak dokumenApabila kita ingin mencetak dokumen (print) kita,
dokumen tersebut harus sudah diaktifkanatau ditampilkan di layar. Untuk
mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkahberikut ini :
1. Pilih dan klik menu File Print. Kotak dialog Print akan
ditampilkan. 2. Pada tombol daftar pilihan Name, pilih dan klik nama
printer yang kita inginkan.
16
- 17. Gambar 3
3. Kita bisa menentukan halaman yang akan kita cetak dengan cara
melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range. •
Klik pilihan All, jika Kita bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik pilihan Current page, bila hanya ingin mencetak halaman yang
tampil di layar. • Klik pilihan Selection bila ingin mencetak
teks yang kita pilih. • Klik pilihan Pages bila ingin mencetak
dokumen yang kita pilih. 4. Apabila kita ingin mencetak dokumen
tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies
dengan jumlah salinan yang kita inginkan. 5. Pada tombol daftar
pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi
dokumen. 6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan
Print. • All pages in range, bila kita ingin mencetak halaman
ganjil maupun halaman genap. • Odd pages, jika Kita ingin mencetak
halaman ganjil saja. • Even pages, jika Kita ingin mencetak halaman
genap saja. 7. Klik OK. Untuk mencetak dokumen, bisa juga dilakukan
dengan meng-klik icon Print pada baris tool bar.IX. Mengakhiri
Microsoft WordSetelah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga
pencetakan (print out) dokumenselesai, maka kita dapat mengakhiri
Microsoft Word setelah terlebih dahulu memastikanbahwa dokumen sudah
tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telahkita
ketik terlebih dahulu, baru kemudian keluar dari Microsoft Word.Untuk
keluar dari Microsoft Word ada beberapa cara, antara lain : 1. Cara
pertama : Pilih menu File Exit, klik 2. Cara kedua : Klik tombol
bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
17
permisi nih ka, saya izin promo :D
BalasHapushttp://www.asianbrilliant.com
kursus komputer via online
grosir kaos polos
makasih